Minggu, 04 Oktober 2009

>> lAnJutAN MaKhlUK-MaKHlUk mItOs DaLaM LegENda jEPaNG

Makhluk halus di Jepang umumnya disebut youkai. YOUKAI bisa berarti oni (setan), obake (hantu) atau yurei (roh), pokoknya ada banyak!! supaya memudahkan kita, makhluk-makhluk gaib tadi kita sebut YOUKAI. Jepang, merupakan salah satu negara yang terkenal dengan makhluk-makhluk gaibnya (layaknya jawa, hehe yang terkenal dengan pocong dan kuntilanak aja) sebagian besar makhluk gaib itu ternyata sudah menjadi mitos atau mempunyai legenda tersendiri bagi masyarakat jepang.

Sekarang kita bahas beberapa makhluk mitos yang sering muncul di anime, manga, dll YuUK!!

1.Oni (setan)
adalah makhluk yang berkekuatan besar yang konon katanya berasal dari neraka dan suka mengganggu kehidupan manusia di muka bumi.Oni dalam cerita rakyat jepang digambarkan sebagai makhluk yang berwajah menyeramkan dengan didi taring mencuat, bertanduk dan berkulit merah. Oni yang digambarkan setara dengan iblis dan setan-setan di eropa, mereka dianggap sebagai makhluk yang punya kekuatan supranatural yang dapat menghancurkan manusia.






2.Kitsune (siluman rubah)
Kitsune adalah sebutan untuk binatang rubah dalam bahasa jepang. Dalam cerita rakyat jepang, rubah sering digambarkan sebagai makhluk yang cerdas yang kemampuan sihirnya makin sempurna seiring dengan semakin bijak dan semakin tuanya rubah tersebut, ada juga sumber yang mengatakan bahwa umur seekor kitsune dapat dilihat dari jumlah ekornya (ekor kitsune dapat mencapai 9 ekor).Selain itu, rubah dapat merubah bentuknya menjadi manusia. Dalam cerita, rubah sering siceritakan sebagai penjaga yang setia, kekasih, teman, istri, walaupun ada juga beberapa kisah rubah yang mengganggu atau menipu manusia. Dalam kepercayaan shinto, kitsune disebut Inari yang bertugas membawa pesan dari kami (dewa). Sebagian orang memberi persembahan bagi kitsune karena percaya akan kekuatan gaibnya.




3.Kuchisake-onna (wanita bermulut lebar)
Merupakan salah satu legenda pada masa heian, masa saat para samurai berkuasa. Kemungkinan ia adalah seorang istri atau selir samurai. Ia dikaruniai wajah yang sangat cantik namun sombong, ia juga sering berselingkuh di belakang suaminya. Suaminya merasa sangat cemburu dan dikhianati menyerangnya dan membelah mulutnya dari kuping ke kuping. “Sekarang siapa yang akan berkata kau cantik?” ejek suaminya.

Sementara dalam versi legenda urban, Kuchisake-onna adalah seorang wanita korban operasi wajah yang gagal. Konon katanya, dokter yang mengoperasi wajahnya memakai pomade (jenis minyak rambut) dengan bau yang menusuk. Ketika sedang dioperasi ia tidak bisa tenang karena bau itu sehingga si dokter secara tidak sengaja memotong mulutnya hingga robek. Wanita itu menjadi histeris dan marah lalu membunuh dokter itu. Belakangan ia dibunuh oleh para penduduk kota dan menjadi hantu penasaran.

Kuchisake-onna menutupi mulutnya yang robek dengan masker operasi dan sering bergentayangan di kota pada waktu malam, terutama ketika sedang berkabut. Bila bertemu seseorang (terutama anak-anak atau mahasiswa) di jalan yang sepi, ia akan bertanya, “Apakah saya cantik?” (Watashi kirei?) .Bila orang itu menjawab “ya”, ia akan membuka maskernya dan bertanya lagi, “Bahkan bila seperti ini?” Pada saat itu, bila si korban yang biasanya terkejut dan takut menjawab tidak, ia akan membunuhnya dengan gunting, golok, sabit, atau senjata tajam lainnya. Bila si korban tetap menjawab ya setelah melihat wajahnya di balik masker, ia akan gembira dan membebaskannya, namun ada juga yang mengatakan walaupun korban melakukan itu, Kuchisake-onna mengikutinya sampai ke rumah baru akan membunuhnya di depan pintu rumah si korban. Bila korbannya wanita, Kuchisake-onna akan merobek mulutnya hingga serupa dengannya, bila korbannya anak-anak, ia akan memakannya.

Legenda urban yang populer pada tahun 70’an mengatakan bahwa korban akan selamat bila ia menjawab “biasa saja”. Sementara versi tahun 2000an mengatakan bahwa korban akan selamat bila menjawab, “begitulah” sehingga Kuchisake-onna bingung dan berpikir dulu apa yang akan ia lakukan, saat sedang bingung itulah korban mempunyai kesempatan untuk kabur. Cara lain untuk lolos dari Kuchisake-onna adalah dengan menawarkannya permen keras berwarna kuning tua karena ia menyukainya namun tidak bisa menikmatinya sehingga mengingatkannya lagi pada penderitaannya. Selain itu bisa juga dengan mengucapkan “pomade” sebanyak tiga kali, ada yang menyebutkan enam kali. Ucapan itu akan membuatnya takut dan kabur karena mengingatkannya kembali pada ahli bedah yang merusak wajahnya. Korban juga bisa memakai pomade untuk mencegahnya mengikutinya.





4.Bijuu (9 dewa perang)

Bijuu adalah makhluk-makhluk legenda dari mitologi Jepang. Kebanyakan dari mereka bertubuh besar dan berkekuatan menakjubkan. Mereka tersebar di seluruh daerah Jepang. Kekuatan chakra/ stamina mereka diklasifikasikan melalui banyaknya jumlah ekor mereka. Seperti Shukaku si ekor satu memiliki kapasitas chakra terendah dari semua bijuu. Tidak semua bijuu bertubuh besar. Seperti Kaku, si luak berekor tujuh yang ukuran tubuhnya tidak terlalu besar. Bijuu dengan ukuran kolosal adalah Yamata no Orochi yang besarnya melebihi tujuh buah gunung. Ini dikarenakan kekuatan Kusanagi no Tsurugi yang sangat besar.

Para bijuu ini hanyalah mitos yang ada di Jepang. Kabarnya roh-roh mereka disegel di 9 kuil di Jepang. Para bijuu ini juga ada mahluk yang setengah dewa maupun peliharaan dewa.





5.Kappa (anak sungai)
Adalah sejenis makhluk legenda, termasuk jenis peri air yang banyak ditemukan dalam cerita legenda rakyat jepang. Kebanyakan gambaran banyak yang memperlihatkan kappa sebagai humanoid seukuran anak, yang menyerupai monyet atau kodok daripada manusia. Beberapa keterangan mengatakan wajah mereka seperti kera, sementara yang lain memperlihatkan mereka dengan paras berparuh yang menyerupai bebek atau kura-kura. Anak-anak kecil merupakan salah satu jenis makanan favorit kappa yang rakus, meski mereka juga memakan yang dewasa juga. Mereka memakan korban-korban yang malang ini dengan menghisap shirikodama (usus, darah, liver, atau daya hidup, bergantung pada legendanya) melalui anus. Bahkan sekarang, tanda-tanda bahaya kappa yang muncul dengan tubuh air banyak yang muncul di desa dan kota-kota di jepang.




6.Amikiri
Kebanyakan youkai jenis ini tinggal di bawah air. Berwajah menyeramkan dan kadang-kadang menyerang manusia. Amikiri bisa hidup di darat dan berwujud manusia. Amikiri dapat menjadi teman baik bagi manusia jika mnusia tersebut menghargai lingkungannya.





7.Kasabake (hantu payung)
Hantu payung yang digambarkan bermata satu dan lidahnya terjulur. Penopangnya adalah satu kaki (gagang kayu) yang bersepatu. Konon katanya kasabake ini suka beterbangan saat hujan turun dan bermain dengan anak kecil.





8.Yuki-onna (wanita salju)
Youkai yang berwujud wanita cantik dan biasanya muncul di daerah pegunungan bersalju. Suka muncul di depan laki-laki muda, menggodanya dan minta dicium. Kalau samapai dicium yuki-onna (yukime)korbannya akan berubah menjadi balok es.





9.Sunakake Baaba
Youkai aneh yang katanya suka melempar pasir ke orang, tertawa lalu menghilang.





10.Norikabe
Youkai yang sukanya menyesatkan orang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar